A place for share experience

1
Powered by Blogger.

Penjelasan & Ciri kingdom fungi | biologi X

Penjelasan dan ciri mengenai kingdom fungi - tahukah anda apa yang disebut dengan fungi ? Fungi atau juga biasa disebut dengan Jamur merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh kita dan saya merupakan salah satu pecinta jamur,namun banyak pula jamur yang tidak dapat dikonsumsi karena beracun.

Penjelasan Mengenai Kingdom Fungi

Fungi merupakan organisme eurakiotik, heterotof karena tidak mengandung klorofil, makanan diambil dengan cara arbsorbsi dari lingkungan dan berkembang biak dengan spora. Cara mendapatkan nutrisi dari beberapa makhluk hidup, di antaranya sebagai berikut.
- Fungi = heterotrof yang absorbtif
- Hewan = heterotof yang fagotrof
-Tumbuhan = autrotof
Heterotrof adalah organisme yang tidak dapat mensistensis karbohidrat dari bahan-bahan anorganik.

Ciri ciri kingdom fungi atau jamur

Hampir semua jenis jamu merupakan organisme yang multiseluler, tetapi ada beberapa jamur yang uniseluler seperti ragi. Jamur tersusun oleh sel eukariotik. Jamur memiliki ciri ciri khusus yang berbeda dengan organisme lain. perbedaan itu terlihat dari cara memperoleh nutrisi, struktur tubuh, dan cara bereproduksi.
  1. Jamur merupakan organisme uniseluler maupun multiseluler umumnya berbentuk hifa, hifa bercabang-cabang membentuk bangunan seperti anyaman yang disebut miselium. Jenis hifa yang membangun tubuh jamur multiseluler ada yang bersekat dan ada yang tidak bersekat (hifa coenositik). Fungsi hifa adalah untuk menyerap nutrisi dan sebagai alat reproduksi vegetatif (membentuk alat pembiakan vegetatif berupa sporangium dan konidium).
  2. Tidak mempunyai klorofil, sehingga tidak mampu membuat makan secara fotosintesis.
  3. Hidup secara heterotof dengan jalan saprofit (menguraikan sampah organik ), parasit (merugikan organisme lain), dan simbiosis.
  4. Struktur sel eukariotik, memiliki dinding sel yang terbuat dari kitin.
  5. Habitat jamur secara umum terdapat di dalam dan tempat yang lembab. 
  6. Pencernaannya secara ekstracellulair sehingga substrat diurai diluar tubuh dengan mengeluarkan enzim sehingga diserap ke tubuh sudah dalam bentuk sederhana ( sari makanan)

Reproduksi Jamur

  • Secara vegetatif dilakukan dengan fragmentasi talusnya, pembelahan sel, pembentukan tunas, artrospora, khlamidospora, sklerotium.
  • secara aseksual dengan pembentukan spora seksual (mitospora), yaitu sporangi-ospora berupa zoospora atau aplanospora dan konidiospora (konidi).
  • reproduksi seksual dilakukan melalui kontak gametangia, kopulasi gametangia, somatogami, spermatisasi yang kemudian menghasilkan spora seksual, yaitu askospora dan basidiospora.
Demikian artikel kali ini yang berjudul penjelasan dan ciri kingdom fungi semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan wawasan pembaca dalam materi pembelajaran biologi di kelas X . 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Biologi / Pelajaran Sekolah dengan judul Penjelasan & Ciri kingdom fungi | biologi X. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tulisan-ilmu.blogspot.com/2014/06/penjelasan-ciri-kingdom-fungi-biologi-x.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, June 13, 2014

2 komentar untuk "Penjelasan & Ciri kingdom fungi | biologi X"

  1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Fungi (Jamur), semoga dapat saling melengkapi

    Materi Fungi / Jamur (Lengkap) - MARKIJAR.Com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh,, nanti saya baca baca materinya,, terimakasih telah berbagi referensi..

      Delete

Silahkan Berkomentar bila :
1. ada yang ingin ditanyakan
2. terdapat kesalahan
3. kritik & saran
4. ingin menambahkan
5. request article
admin bukanlah robot yang bisa langsung memenuhi permintaan pembaca.